Tim SAR Gabungan Temukan Jenazah ABK Kapal Setelah Tiga Hari Pencarian - Investigasi Warta Global

Mobile Menu

TOP ADS

Responsive Leaderboard Ad Area with adjustable height and width.

More News

logoblog

Tim SAR Gabungan Temukan Jenazah ABK Kapal Setelah Tiga Hari Pencarian

Sunday 15 September 2024

INVESTIGASI.WARTAGLOBAL.ID-Kubu Raya, Kalimantan Barat – Setelah pencarian intensif selama tiga hari, Tim SAR Gabungan akhirnya menemukan jenazah Abdul Rahman Lestari, seorang anak buah kapal (ABK) KM. Aries Indo I GT. 59, yang tenggelam di perairan Tanjung Putus, Kubu Raya, Kalimantan Barat. Abdul Rahman, yang berusia 23 tahun, dilaporkan tenggelam saat melakukan aktivitas memancing pada Rabu pagi, 11 September 2024.

Pencarian dimulai segera setelah laporan mengenai insiden tersebut diterima. Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Posal Sungai Kakap, Basarnas Pontianak, Pos Airud Sungai Rengas, dan Pemadam Kebakaran Pontianak bekerja tanpa henti untuk menemukan korban. Upaya pencarian yang dilakukan secara intensif membuahkan hasil pada Jumat, 13 September 2024, saat jenazah Abdul Rahman ditemukan dalam keadaan mengambang di lokasi tenggelamnya.

Jenazah Abdul Rahman ditemukan pada pukul 16.30 WIB di koordinat LS 00.06.BT 108°.49. Tim SAR segera melakukan evakuasi dan membawa jenazah ke rumah keluarga duka. Keluarga korban memilih untuk tidak melakukan visum terhadap jenazah sesuai dengan permintaan mereka.

Ketua Tim SAR Gabungan, Wahyudi, menyatakan bahwa dengan ditemukannya korban, operasi SAR dinyatakan selesai dan unsur-unsur gabungan dikembalikan ke kesatuan masing-masing. Wahyudi juga menyampaikan himbauan kepada nelayan dan ABK kapal agar selalu memperhatikan keselamatan saat beraktivitas di laut, khususnya dengan menggunakan alat pelindung diri seperti life jacket.

Pihak keluarga, bersama dengan masyarakat setempat, melakukan prosesi pemakaman Abdul Rahman dengan penuh rasa duka. Masyarakat setempat turut memberikan penghormatan terakhir dan dukungan kepada keluarga yang ditinggalkan.

Insiden ini menjadi pengingat pentingnya keselamatan di laut. Tim SAR mengimbau agar kejadian serupa tidak terulang dengan meningkatkan kesadaran tentang perlunya peralatan pelindung dan prosedur keselamatan saat beraktivitas di perairan.[AZ]

Editor:Andi S



KALI DIBACA

No comments:

Post a Comment