Sedimentasi Irigasi Di BK 24 Desa Bone Pute Dikeluhkan Petani, Perlu Dikeruk - Investigasi Warta Global

Mobile Menu

TOP ADS

Responsive Leaderboard Ad Area with adjustable height and width.

More News

logoblog

Sedimentasi Irigasi Di BK 24 Desa Bone Pute Dikeluhkan Petani, Perlu Dikeruk

Monday 16 September 2024
LUWU TIMUR, SULSEL - Kondisi irigasi yang sudah mengalami penyempitan akibat sedimentasi dikeluhkan para petani khususnya di Desa Bone Pute Kecamatan Burau saat ini. Bukan tanpa alasan, kondisi Irigasi induk khususnya di BK 24 ini butuh pengerukan sebab penyempitan pada kedua sisi dinding irigasi sudah terjadi penyempitan dan pendangkalan dasar akibat tebalnya sedimentasi yang diduga sudah lama tak pernah dikeruk akibat  kurangnya perhatian pihak Irigasi.

Kondisi ini diduga jadi pemicu seringnya jebol tanggul irigasi pada titik ini. Seperti yang terjadi baru ini jebolnya tanggul irigasi yang kedua kalinya akibat banjir hingga volume air tak mampu lagi tertampung irigasi hingga terjadi jebol.
Akibatnya, sejumlah lahan sawah warga setempat yang baru saja ditanami tertimbun material pasir pada Senin (9/9/24).

Hal ini membuat warga setempat mendesak pihak irigasi untuk dilakukan pengerukan agar kondisi irigasi normal kembali.

"kami berharap agar segera ada peningkatan infrastruktur irigasi. Salah satunya dengan melakukan pengerukan," kata salah satu warga tak bersedia dipublis namanya.
“Kami berharap pihak irigasi bisa meningkatkan infrastruktur irigasi untuk sektor pertanian, penyempitan irigasi ini tentu akan menjadi masalah besar jika tidak segera ditindaklanjuti karena menjadi tumpuan hidup ratusan petani di sini," pungkasnya.


KALI DIBACA

No comments:

Post a Comment